semakin cinta Indonesia


#Kebangkitan rasa nasionalisme di negeri orang

17 Agustus baru saja berlalu. ya, saya lewatkan di negeri orang. biasanya, pagi-pagi saya sudah bersiap di depan televisi untuk menonton upacara bendera di istana negara. biasanya. tahun ini berbeda, saya sendiri disini merasakan bangganya 66 tahun Indonesia merdeka.

ya, saya BANGGA! dengan segala kekurangan, masalah, krisis yang melanda Indonesia. dan dengan segala rahmat Allah yang Maha Kuasa kepada Indonesia, berlimpahnya kekayaan alam Indonesia, dan enaknya makanan Indonesia. hahahaha…

ada satu hal yang saya pelajari dari orang-orang Amerika setelah seminggu lebih disini. mereka berpikir positif. positive thinking.

salah satu kekhawatiran saya untuk hidup satu tahun di Amerika adalah perbedaan saya dengan mereka, apalagi yang terlihat jelas yaitu berbedanya penampilan saya dengan mereka. namun, ternyata kekhawatiran saya tertepiskan dengan begitu ramahnya mereka menyambut kedatangan saya di lingkungan mereka. walaupun mungkin ya, saya berbeda, mereka tahu itu. tapi malah mereka menjadi ingin lebih tahu tentang saya. mereka banyak bertanya dan ingin belajar lebih banyak.

hal lain yang menunjukkan mereka begitu berpikiran positif adalah mengenai pekerjaan. mereka menghargai dan menghormati semua jenis pekerjaan. orang tua tidak menuntut banyak kepada anak-anak mereka untuk jadi ini-itu. mereka memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka untuk memilih sesuai bakat dan minat mereka. para orang tua sadar bahwa setiap pekerjaan pasti ada bermanfaat bagi masyarakat. bahkan mungkin pekerjaan yang dicemooh di negara lain, mereka tetap menghormatinya.

untuk Indonesiaku, aku juga ingin berpikir positif. aku tahu Indonesia masih harus melakukan banyak perbaikan di sana-sini. tapi butuh proses bukan? Amerika butuh ratusan tahun untuk menjadi negara adikuasa, negara maju. mengapa tidak kita beri kesempatan kepada Indonesia untuk terus berusaha! KITA lah INDONESIA itu! kita lah yang harus berusaha demi Indonesia. siapa lagi bukan kalau bukan kita? di tangan kita lah masa depan Indonesia! di tangan para pemuda harapan bangsa.

DIRGAHAYU INDONESIA! BERJAYALAH.

Leave a Reply

