Keunggulan Pembinaan Anak-Anak di USA


saya Alhamdulillah diberi kesempatan untuk mengamati kegiatan anak-anak remaja di salah satu tempat peribadatan dimana host parent saya biasa menjadi semacam pembina disana. beberapa kali kesempatan banyak hal positif yang patut ditaulaudi.

1. host parent saya adalah orang-orang yang sangat ramah dan disenangi oleh anak-anak. mereka berinteraksi sebagai murid dan guru, dan juga sebagai sahabat. mereka belajar dan bermain bersama. keakraban yang terjalin lebih dari sekedar guru ataupun sahabat, mereka layaknya keluarga. bahkan, host parent saya memajang beberapa foto anak-anak itu di pintu lemari es mereka. ya, salah satu hal yang lumrah di Amerika, menghias lemari es dengan foto-foto orang terdekat atau dengan notes kecil.

2. perkumpulan remaja (yang biasa disebut Youth/Teenagers/Kids Group) mengadakan pertemuan satu kali seminggu. mereka mengisinya dengan kegiatan yang asyik, seru, dan dapat memberikan pelajaran bagi anak-anak. di musim panas, mereka mengisinya dengan permainan-permainan seru dan mendidik, karna saat itu adalah musim liburan.

3. penanaman nilai-nilai agama dimulai sedini mungkin kepada anak-anak. dimulai dengan hal-hal kecil dan terus dikembangkan sesuai dengan usia mereka. sehingga kecintaan dan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai agama semakin mantap. anak-anak dibiarkan mengembangkan potensi mereka masing-masing sehingga dapat bermanfaat bagi pengembangan agama (mission) pula.

4. apapun yang mereka lakukan dan mereka capai di suatu hari, orang tua atau pembina mereka akan selalu memberikan apresiasi, walaupun hanya dengan ucapan “Good Job!”, “Welldone!”, “You did it!”, “You did it very well!”, “It was very beautiful!”, dll. sehingga anak-anak terus termotivasi untuk berkreasi dan meningkatkan kemampuan mereka. karna semakin kita dihargai, kepercayaan diri kita akan meningkat untuk menjadi yang terbaik.

5. yang membimbing anak-anak tersebut adalah orang tua atau kalangan dewasa yang telah memiliki ilmu lebih. semua dilakukan dengan sukarela, volunteering. mereka dengan senang hati meluangkan sedikit waktu mereka untuk membimbing anak-anak.


ANAK-ANAK ADALAH MASA DEPAN.

semoga hal-hal positif ini dapat menginspirasi pihak-pihak yang terkait dalam membina aqidah dan akhlak anak-anak.

One thought on “Keunggulan Pembinaan Anak-Anak di USA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s