Kisah Muslimah Luar Biasa


Alkisah aku sempat bercerita dengan sahabat muslimah disini. Tepatnya Desember lalu..

Aku mendengar kisah-kisah yang membuatku, entah kenapa tertunduk malu..
Aku mendengar kisah-kisah mereka yang berjuang mempertahankan keislaman mereka dalam situasi minoritas dan stereotype yang berkembang dalam masyarakat.
Aku mendengar kisah-kisah perjuangan untuk mencari tempat dan waktu untuk menunaikan sholat. Menunjukkan tak ada aturan manusia yang mampu menghalangi kebutuhan mereka untuk beribadah.
Aku mendengar kisah-kisah mereka yang penuh kesabaran dan kekuatan menunaikan ibadah puasa dengan kesibukan yang sama seperti hari-hari biasanya, dan tetap berada di sekitar mereka yang tidak berpuasa.
Aku mendengar kisah-kisah muslimah luar biasa yang dengan penuh tekad dan dengan niat mencari ridho Allah memilih untuk menutup aurat sedini mungkin, tak takut menunjukkan Islam yang mendarah daging dalam dirinya.
Aku mendengar kisah-kisah mereka yang berjuang untuk berkumpul bersama muslim-muslimah lainnya di sekolah umum dan berjuang untuk melegalkan perkumpulan yang dibawah naungan ridho Allah itu.

Aku mendengar, menyimak, tertegun,
dan tertunduk malu.

Apalah kisahku yang bisa kuceritakan kepada mereka?

Aku terlahir di tanah religius Minangkabau.
Aku tumbuh di sekitar umat Muslim lainnya.
Aku bisa beribadah tanpa mengkhawatirkan tempat dan waktu.
Aku keluar rumah tanpa ketakutan bertemu orang lain dengan apa adanya aku.
Aku bisa berkumpul dengan saudara dan sahabat tanpa ada aturan yang menghalangiku.

Dan ya,
kisahku adalah kemudahan dari Allah di sepanjang umurku
hingga kini, detik ini

Bahkan disaat aku memilih dan ditakdirkan untuk hidup satu tahun di negeri ini,
Allah memudahkanku untuk menemukan Masjid dan bersilaturahim dengan muslimah-muslimah yang sungguh luar biasa.

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Astaghfirullah.. Astaghfirullah.. Astaghfirullahal ‘adziim..

Leave a Reply

