Civic Education Workshop 2012


Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Civic Education Workshop yang diadakan oleh American Council for International Education. Workshop itu berlangsung selama satu minggu, 26 Februari – 2 Maret 2012, di Washington, DC. Saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Alhamdulillah! Saya mendapatkan banyak teman baru, bertemu dengan sahabat-sahabat dari Indonesia yang sangat saya rindukan, dan mempelajari banyak hal-hal baru.

Sesuai dengan namanya, workshop ini memfokuskan para peserta untuk belajar tentang sistem pemerintahan US, sejarah, dan mengenal lebih jauh sosok-sosk pemimpin. Kami para peserta disuguhkan berbagai macam materi. Tidak hanya duduk dan mendengarkan kuliah, kami bahkan lebih banyak “jalan-jalan”. Kami mengunjungi memorial beberapa presiden, Capitol Hill, State Department, White House, dan beberapa museum yang sangat menarik!

Hal yang paling berharga menurut saya adalah mengenal teman-teman baru yang menjadi delegasi dari 39 negara! Subhanallah! Entah kapan lagi saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan begitu banyak bangsa di satu kesempatan. Kesempatan itu juga saya manfaat untuk mengenal lebih jauh budaya mereka, bagaimana mereka mempraktikan Islam di negara mereka, dan memperhatikan mereka. Begitu banyak hal saya pelajari, ada yang membuat saya takjub, ada yang membuat saya sedih, sedih sekali.

Mungkin saya adalah peserta yang teraneh. Yang saya cari bukan tentang bagaimana hebatnya pemerintahan US, bukan jalan-jalannya, bukan hura-huranya, tapi mengenal, memperhatikan, lalu membuat kesimpulan tentang hal yang bahkan tak ada satu orang pun menggubrisnya.

Leave a Reply

