Mengendalikan Hawa Nafsu dengan Akal (Ilmu)


#Ramadhan1433H

Manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna, sebagaimana firman Allah dalam Q.S. At-Tin:4 ;

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Memang, dibandingkan dengan makhluk Allah lainnya, manusialah yang paling sempurna rupanya. Selain memiliki jasad and ditiupkan ruh, manusia diberikan akal dan nafsu. Allah memberikan akal kepada manusia agar dapat mengendalikan nafsu. Sedangkan kepada malaikat, Allah hanya memberikan akal. Malaikat tidak butuh makan, minum, dan bentuk-bentuk hasrat yang ditimbulkan oleh nafsu lainnya. Sedangkan hewan, Allah hanya memberikan nafsu kepadanya, tanpa akal. Sehingga hewan tidak dapat mengontrol nafsu mereka dalam hal makanan, kompetensi, dsb.

Dalam bulan Ramadhan ini, manusia melatih diri untuk mengendalikan hawa nafsunya, baik itu nafsu makan, minum, amarah, harta, seksual, dll. Satu bulan penuh kita berpuasa dan melaksanakan amalan-amalan wajib maupun sunah. Sepantasnyalah, kita menjadi terlatih untuk dapat mengontrol hawa nafsu. Menggunakan akal berarti menggunakan ilmu. Maka sia-sialah manusia yang berpuasa tanpa ilmu. Mereka tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan dan apa yang seharusnya mereka tinggalkan. Na’udzubillah! Maka carilah ilmu itu! Dengarkan ceramah malam yang diadakan di mesjid-mesjid. Buka pikiran kita dengan membaca atau menonton hal-hal tentang Islam terutama bulan Ramadhan. Sehingga kita dapat maksimal dan beramal dengan benar dalam proses menjadi Al-Muttaqin selama bulan Ramadhan.

Manusia jika dapat mengendalikan nafsunya dengan akal yang ia punyai, maka kedudukannya lebih mulia dari malaikat. Karna itulah, ada sejarah bahwa malaikat diperintahkan bersujud kepada Nabi Adam AS. Namun, apabila manusia gagal mengendalikan nafsunya (tidak mempergunakan akalnya), maka manusia itu bisa dinilai Allah lebih rendah dari seekor hewan. Na’udzubillah…

Selamat beribadah dan belajar! SEMANGAT!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s