Kuliah “Ketulusan” dari Dik Fitria


Pengabdian Masyarakat AL-AMIN FTSL ITB 2013
Kampung Taman Hewan RW 8, 17 November 2013

Kita bisa belajar dari siapapun. Termasuk dari gadis kecil ini, Fitria. http://instagram.com/p/gzrNP_hPBc/#

Gadis ini awalnya malu-malu waktu berkenalan. Lalu tiba-tiba dia datang lalu menyuruh saya untuk mengulurkan tangan. Dia lalu menjabat tangan saya. Eh, ada sesuatu yang diselipkan; sebungkus permen. Saya kaget. Saya tidak mau kalah dengan strategi berkenalannya itu. Saya pun meronggoh tas karna saya ingat saya bawa permen juga. Saya panggil dia, “Kenalan dong.” Lalu dia tersenyum dan mengulurkan tangan. Saya jabat dan ya, dia tersenyum🙂

Beberapa jam kemudian, saya melihatnya dan beberapa orang disekitarnya sedang ngemil jajanan yang sama. Lalu saya nyeletuk saja, “Lah, kok kakak gak dijajanin?” Terus Fitria bilang, “Kakak mau?” Dia pun langsung berdiri dan pergi warung. Saya kaget lagi, merasa bersalah juga. Saya kan niatnya becanda, bukan bener2 mau ngemil juga. Duh, saya malu lah. Pas dia balik dan bawa jajanan itu, saya bilang, “Untuk Fitria aja. Kakak becanda kok.” Dia bilang, “Gak, untuk Kakak.” Intinya dia menolak. Yaa.. Terpaksa saya ambil. Terus ada satu bocah ngomong, “Kakak gak mau? Buat aku aja.” Saya jawab, “Ini kalau mau.” Sebelum diambil, Fitria langsung rebut jajanannya. Dia ngambek, lebih tepatnya nahan nangis. Ya Allah, saya salah… Fitria merasa gak dihargai pasti. Yasudah, saya langsung minta maaf terus ngibur dia lagi. Saya akhirnya makan jajanan itu. Sebagai gantinya, saya balik ngejajanin dia. Dia tersenyum malu, gak nolak.

Terus tiba-tiba dia pinjem hp saya, dia bilang, “Simpen nomor aku ya Kak.” Aah.. Anak ini.. Curang! Selalu ngedahuluin saya. Entah belajar darimana, Fitria sangat pintar dan tulus dalam kebaikan. Lihat lah bagaimana dia berinisiatif memberi permen, tulus jajanin saya, dan ingin menjaga silaturahim dengan saya… Masya Allah. Kalau ttg Fastabiqul khairat, saya jelas kalah dari anak kelas 3 SD ini. Di balik kekalahan itu, saya belajar satu mata kuliah menarik di hari Minggu yang lalu, sebut saja “Ketulusan”🙂

Leave a Reply

