Semester II (Cerita yang Terlewatkan)


Saya melewatkan momen akhir semester II untuk dishare lewat blog ini. Kesibukan pra liburan dan “nyantai”nya liburan bikin saya absen menulis tentang Semester II. Di minggu ketiga Agustus ini saya kembali membuka blog saat kosan terasa begitu “sepi”. Ya, kelamaan di rumah kali ya.. But I am okay!😉

Semester II sejujurnya berlalu begitu cepat. Tiap malam saya tidur lelap setelah kesibukan di siang hari. Walau kadang harus overcome tanggung jawab yang harus diselesaikan keesokan harinya… Ya, Alhamdulillah tidur selalu nyenyak untuk mengistirahatkan diri.

Tetap Bersyukur dan Menyadari Kesalahan

IMG_1398

Suasana Pelantikan Ketua Kabinet KM-ITB dan MWA-WM periode 2014-2015 di Plaza Widya Nusantara, Kampus ITB Ganesha

Selama semester II saya menjalankan kewajiban 19 SKS. Ada Matematika II A, Fisika II A, Kimia II A, Pengantar Rekayasa dan Desain II, Gambar Teknik, Tata Tulis Karya Ilmiah, dan Olahraga. Mata kuliah semester II memang saya jalani lebih berat daripada Semester II, terutama mata kuliah MaFiKi. Alhamdulillah, atas bantuan teman-teman dan kakak-kakak tutor, saya bersyukur dengan nilai akhir yang saya dapatkan walau mungkin memang bukan nilai terbaik.

Ya, saya belajar banyak dari semester II. Setelah menjalani aktivitas di kampus, ketika saya lelah, saya tidak memaksa diri dengan keras untuk tetap melek dan membaca buku atau membahas soal. Di kelas, kadang saya terdistraksi dengan pikiran-pikiran tentang amanah yang belum terselesaikan. Kesalahan-kesalahan itu in sya Allah menjadi pembelajaran bagi saya untuk ke depannya. Saya ingin lebih profesional dalam menjalani job utama saya yaitu MAHASISWA.

Rasa kecewa saat menerima nilai yang tidak begitu memuaskan itu terasa waktu memberikan kabar kepada kedua orang tua. Walau orang tua saya tidak mengungkapkan kekecewaan dan membuat suasana lebih menyedihkan, Beliau tetap berpesan, “Yo, ndak baa. Usahoan bisuak ko lebih baik.” Fiuuh… Entahlah, ucapan yang menenangkan itu membuat saya merasa semakin bersalah.

In sya Allah semester III akan lebih baik! Saya berjanji kepada siapapun yang peduli hehehe Apalagi Alhamdulillah Allah telah mengizinkan saya terdaftar ke dalam prodi Teknik Lingkungan ITB🙂 Alhamdulillah dan terima kasih untuk semua yang mendoakan. Duduk di bangku yang saya cita-citakan, semoga saya lebih menikmati dan bertanggung jawab dengan pilihan saya ini.

Tetap Lengket dengan Jurnalistik

IMG_8645

Saat meliput Bedah Gagasan Visi dan Misi Capres yang menghadirkan Timses dari kedua pasangan calon

Di kegiatan non-akademik, saya tetap setia dengan jurnalistik. Tidak pernah jauh-jauh. Saya tetap menjalani aktivitas di unit Pers Mahasiswa ITB. Semester II Tahun Akademik 2013-2014 cukup seru bagi kami Pers Mahasiswa. Banyak isu menarik yang dibahas seperti Pemira KM-ITB dan pemilu nasional. Ingat kasus Jokowi yang katanya “ditolak” oleh KM-ITB? Wah, waktu itu kampus seru banget. Heboh dengan pro-kontra tentang aksi KM-ITB waktu itu. Well, kenyataannya, KM-ITB hanya melakukan aksi penolakan politisasi kampus. Eh, ternyata gara-gara itu media nasional cukup heboh. Ya, secara Jokowi. Momen itu juga menjadi awal bagi Pers Mahasiswa ITB untuk membuat Ganeca Pos Documentary. Video dokumenter kejadian tanggal 17 April itu diupload via youtube dan cukup menarik perhatian massa.

Saya juga tetap aktif sebagai junior reporter di Kantor Berita ITB. Kantor Berita ITB bukan unit kegiatan mahasiswa, melainkan kantor berita resmi kampus yang berada di bawah naungan Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni atau lebih tepatnya Unir Sumber Daya Informasi (USDI). Berita-berita yang saya tulis untuk web itb.ac.id lebih mengarah kepada publikasi kegiatan-kegiatan ITB, prestasi civitas academica, dan opini serta penelitian mahasiswa maupun dosen. Seru, saya bisa mengikuti acara seminar-seminar keren, bisa bertemu tokoh-tokoh luar biasa seperti Ricky Elson (yang ternyata orang Padang-cek instagram saya hehe), Dirjen DIKTI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Meyda Sefira hehehe.

IMG_8406

Kunjungan Kerabat Kerja Pers Mahasiswa ITB ke kantor Majalah GATRA di Jakarta

In sya Allah kegiatan saya di Pers Mahasiswa ITB dan Kantor Berita ITB akan terus saya lanjutkan di tahun akademik 2014-2015. Di Kantor Berita ITB sendiri saya telah diamanahkan sebagai Koordinator Berita Bahasa Inggris menggantikan Kak Devi yang sudah wisuda Juli lalu :’)

Semester I saya pernah menceritakan kegiatan saya di Karisma. Sayangnya, saya tidak begitu aktif lagi disana selama semester II. Banyak kegiatan Karisma yang bentrok dengan kegiatan saya yang lainnya dan saya mengikuti prioritas saya. Ya, harus memilih dan menentukan prioritas bukan?

Di akhir semester II saya juga aktif bersama teman-teman angkatan 2013 dalam Panitia Pelaksana Program Ramadhan (P3R) 1435 H Masjid Salman ITB. Saya ikut sebagai panitia subdivisi Relasi, yaitu membantu mengurus media partner dan perizinan. Pengalaman di subdivisi Relasi cukup bermanfaat dan menyenangkan. Saya juga bisa menambah kenalan, teman, dan link ke media. Kalau di Persma dan Kantor Berita kan biasanya kami yang dihubungi, sekarang saya yang giliran menghubungi para media untuk meliput acara kami yang berlangsung selama bulan Ramadhan di Masjid Salman. Saya juga menyempatkan berpuasa 9 hari di Bandung. Berkegiatan di Salman sangat banyak manfaat, semangat, dan inspirasi yang saya dapatkan.🙂

Yang Tak Kunjung Selesai

Ingin menulis buku. Itu adalah target saya setelah diterima di ITB. Namun, dengan sangat menyedihkan saya kabarkan bahwa proses penulisan baru dimulai beberapa bulan yang lalu dan baru beberapa bab -.- Fiuuuh… Targetnya sih liburan yang lalu, tapi malah “nyantai” di rumah. Maklum, kapan lagi bisa sleep in dan manja-manja di rumah hehehe Saya adalah anak normal dan saudara perempuan normal yang memanfaatkan waktu liburan untuk “mengganggu” penghuni rumah :3

Kapan dong selesainya? Target saya itu tahun ini, saudara-saudara. Apakah saya bisa? Tolong jawab bisa dooong. Tolong yakinkan saya kalau saya bisa! ><

Liburan yang Tak Boleh Terlewatkan hehe

IMG_0771

Bareng teman-teman sekelas Fisika-Kimia waktu Makrab FTSL ITB 2013

Allhamdulillah semester ini saya tetap menyempatkan diri untuk refreshing waktu senggang. Di awal kuliah sempat ke Ciwidey dua kali, pertama bareng Host Mom dan Host Dad waktu mereka visit ke Bandung dan kedua bareng teman-teman Smansa 13. Terus sempat ada Malam Keakraban (Makrab) FTSL yang cukup seru. Terus ada juga rihlah bareng Al-Amin😀 Terus saya juga sempat ikut Latihan Mujtahid Dakwah Masjid Salman ITB di Maribaya. Hiking euy!

Akhir Mei, bareng Smansa 13, kita backpackeran ke Jogja😀 Tiga hari yang gak akan terlupakan. Alhamdulillah, bersyukur sekali dengan ukhuwah yang terjaga antar sesama alumni SMAN 1 Padang🙂

Dan tanggal 8 Juli lalu saya pulang ke rumah di Padang😀 Yaaay!! Sebulan di rumah cukup membuat saya kembali merasakan enaknya menjadi “anak tengah” dan berada di dekat orang tua :’)

Ya, Liburan itu penting, to refresh your mind, to rest your body, and to get ready for the next busy days!

IMG_8098

Liburan seru di Jogja di akhir Semester II

Ya, sekian dulu cerita saya kali ini. Banyak momen-momen seru bersama teman-teman yang mungkin tak sempat saya ceritakan satu per satu. Cerita bersama teman-teman FTSL, Al-Amin, dan lainnya. Terima kasih atas semangat dan kebersamaannya selama menjalani masa TPB bersama-sama ya guys! We did it! Semoga sukses di jurusan masing-masing dan di bidang lainnya yang sedang digeluti🙂

Tahun Akademik baru telah di depan mata. Semoga Allah memudahkan saya dan teman-teman semua dalam menjalani perkuliahan dan kemahasiswaan di ITB. Semoga saya dapat melakukan lebih banyak hal yang bermanfaat dan membahagiakan lagi ke depannya. Bismillah, semoga tanah rantau berlimpah berkah🙂❤

 

Salam semangat,

Megaime

Leave a Reply

