Bukan Tiga Jalan Ansos


Kemarin saya bertemu dengan dua sosok inspiratif dari Bakrie Center Foundation. Tidak berniat promosi, cuma memang mereka membuka wawasan saya tentang satu hal penting, yaitu paradigma civitas academica tentang membangun jiwa pemimpin.

Kini, ada paradigma kalau yang patut untuk jadi pemimpin masa depan itu adalah aktivis kampus. Eksis di kampus, jadi pengurus organisasi di kampus baik itu KM atau BEM, himpunan, dll. Yang gak pernah ‘nongol’, dianggap ‘ansos’ dan dipandang sebelah mata. Padahal…..

Bisa jadi lo mereka sedang mengembangkan “leadership” lewat bidang lain. Menurut dua tokoh yang saya temui itu, ada tiga jalan nih dimana mahasiswa belajar untuk jadi pemimpin.

1. Organisasi kemahasiswaan. Jelas, disini kia belajar menjalankan organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan melaksanakan program-program kerja.

2. Wirausaha. Banyak lo mahasiswa sekarang yang udah jago jadi entrepreneur. Mungkin kesannya “sibuk sendiri” tapi mereka bisa mengembangkan suatu produk yang mungkin saja sudah membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain.

3. Relawan kegiatan sosial. Nah, yang satu itu memang resikonya gak aktif di kampus karena sibuknya akivitas mereka karena sering terjun ke masyarakat.

Intinya, jangan ngejudge, leadership itu tumbuh lewat berbagai jalan. Gak harus selalu lewat kajian, orasi, jadi event organizer… Tidak hanya sekedar itu. Mulailah menghargai akivitas teman-teman kita di manapun itu.

Bidang yang berbeda-beda akan memperkaya kemampuan pemuda Indonesia. Mari saling menghargai dan mendukung. Sekali lagi, jangan “ansos” dengan orang-orang yang dijudge “ansos”đŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s