Kakak Saya (Akhirnya) Seorang Dokter!


Pagi ini saya mendapat telepon dari kakak saya dari Padang. Hati ini berdetak, hasil UKDI sudah keluar sepertinya.

Optimis, sayaberharap mendengar kabar gembira.

“Assalamu’alaikum Ega!” Kak Lani menyapa dengan suara parau.

“Alhamdulillah kakak lulus.”

Hati ini berdesir, haru seketika meliputi. Mata saya tak bisa menahan haru itu. Menetes begitu saja air mata saat berucap, “Alhamdulillah… Lah jadi dokter kakak ega – Udah jadi dokter kakak ega.”

Dua kakak beradik menangis di dua tempat berbeda, terkoneksi oleh sinyal-sinyal maya.

Haru ini adalah rasa bahagia. Haru ini adalah rasa bangga. Haru ini untuk kakak saya yang berhasil meraih cita-cita masa kecilnya.

Saya takkan melupakan perjuangan yang sudah dilakukannya. Tidak akan sedikit pun melupakannya.

———————————————————————————

Sejak dulu, sejak pertama kali ditanya apa cita-citanya, Kak Lani menjawab dokter dengan yakin. SMA adalah momen saya menyaksikan kesungguhannya mengucap cita-cita itu. Kak Lani belajar keras terutama waktu sudah duduk di kelas 3.

Waktu itu, belum ada satu pun keluarga dari keluarga dekat kami yang berprofesi sebagai dokter umum. Saat mengetahui Kak Lani sedang berjuang untuk mendapatkan kursi di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, semua orang mendoakannya. Begitu pula orang tua kami. Walaupun Mama sempat mencemaskan ambisi yang diekspresikan Kak Lani di dinding-dinding kamarnya. DOKTER. FK UNAND. Mama takut jika Kak Lani gagal…..

Alhamdulillah, Kak Lani lulus setelah mengikuti seleksi tertulis masuk perguruan tinggi negeri. Saya masih ingat wajah kebahagiaan yang terlukis di orang tua saya. Anaknya akan menjadi seorang dokter… Doa Mama setiap melintasi kampus FK Unand pun terkabul. Doa Papa juga, yang mengalah pada air mata saat mendengar kabar bahagia itu.

Selama studinya di FK Unand, Kak Lani menoreh banyak prestasi. Selalu, kakak saya ini memacu semangat saya untuk berprestasi sepertinya. Jago di karya tulis ilmiah, ikut berbagai forum nasional maupun internasional, sampai menjadi mahasiswa berprestasi…

Saya masih ingat…Ada satu momen di mana saya hampir menghancurkan semuanya.

Saat itu Kak Lani sedang menyusun skripsi. Kak Lani menggunakan kamera digital untuk mendokumetasikan percobaan yang dia lakukan di Lab Farmasi Unand. Bodohnya saya, saya menghapus foto-foto itu saat saya menggunakannya untuk hal lain. Saat itu saya berpikir Kak Lani sudah meng-copy-nya ke laptop. Ternyata tidak…

Malam itu Kak Lani menangis…

Saya pun menangis… Dosa apa yang sudah saya perbuat?

Ucapan maaf yang terucap tentu saja tidak cukup untuk mengembalikan foto-foto itu…

Keesokan harinya, Alhamdulillah, Allah menunjukkan penyelesainnya masalah ini. Kak Lani bisa mendapatkan foto-foto yang disimpan oleh teman-temannya.

Jalan Kak Lani setelah itu dimudahkan. Sampai akhirnya wisuda S.Ked. Sampai akhirnya menjalani masa co-ass selama hampir dua tahun.

Perjuangan Kak Lani ditutup sudah hari ini. Setelah mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia sekitar tiga minggu lalu, Kak Lani kini dinyatakan lulus dan berhak atas gelar “DOKTER”.

Alhamdulillah Kak. Allah memang Maha Melihat setiap usaha yang sudah diselesaikan. Setiap lembar buku tebal yang distabilo. Setiap malam yang dilewati tanpa tidur. Setiap hafalan. Setiap keringat. Setiap bengkak di kaki karena seharian dinas di rumah sakit. Allah Menyaksikan Kakak selama ini…

Doakan ega ya Kak. Rasanya perjuangan ega di Bandung belum sekuat Kakak. Bahkan rasa ngantuk yang merajai setiap berusaha membuka buku-buku yang tebalnya jelas kalah dari buku-buku kedokteran. Ega belum menorehkan prestasi apa-apa. Doakan ega masih diberikan Allah kesempatan untuk berjuang lebih banyak. Untuk membawa harum nama keluarga dan Padang di sini…

Semoga Kakak kuat menjalani amanah baru ini. Hanya kepada Allah ega berdoa, semoga Kakak dapat menjalani peran baru ini dengan semangat, penuh dedikasi, dan niat baik.

Salam sayang dari adik yang ingin memelukmu segera,

Mega❤

Leave a Reply

