Untukmu yang Kini Mengemban Kaderisasi


Untuk kawan-kawan yang sedang bergerak membuat sebuah perubahan,

Tiba-tiba muncul sebuah keinginan untuk berbicara kepadamu di sela-sela usaha untuk memahami Epidemiologi Lingkungan. Memang sekarang sedang musim UAS tetapi geliat kemahasiswaan masih saya lihat. Saya melihatnya dari kawan-kawan yang sedang membicarakan osjur, mengonsep OSKM, dan berbagai persiapan kaderisasi di masing-masing lembaga.

Kamu, kamu yakin kini telah tiba saatnya kaderisasi menjadi tanggung jawabmu. Kamu kini percaya bahwa kamu yang harus turun tangan. Kamu yang harus memimpin. Idemu yang harus dijalankan agar kaderisasi kampus ini tetap menjadi yang terbaik, agar terus menjadi lebih baik dari apa yang pernah dilakukan.

Kaderisasi tidak akan mempunyai jiwa jika orang-orang di dalam suatu organisasi tersebut tidak ada lagi yang peduli. Apa jadinya KM ITB jika tidak ada lagi yang ingin menjalankan semua proses panjang demi berlangsungnya OSKM dan osjur?

Saat orang berkata KM ITB sebentar lagi akan mati karena kemelut pemira yang lalu… saya berpikir tidak. Suatu organisasi tidak akan mati jika kaderisasinya terus menggeliat. Kaderisasinya masih bernyawa…

Untuk kawan-kawan yang kini sedang menyiapkan yang terbaik,

Saya percaya bahwa makna sederhana tapi esensial dari sebuah kaderisasi adalah keteladanan. Keteladanan-lah yang akan mampu membawa nilai-nilai terus turun kepada generasi terbaru. Berbagai metode hanyalah metode tapi akan kosong jika kamu tidak menyiapkan satu hal ini: keteladanan.

Keteladanan berarti adalah kesiapan untuk menyiapkan hal konkrit untuk disaksikan oleh generasi terbaru. Tidak hanya materi, tidak hanya sebuah konsep, tetapi sesuatu yang hidup. Sesuatu yang nyata. Sesuatu yang bisa mereka indera hingga mereka meyakini inilah identitas yang akan mereka miliki setelah melewai masa “orientasi”.

Hal ini yang dulu tidak saya dapatkan ketika OSKM dan sangat minim saya dapatkan ketika saya pun dikader sebelum resmi menjadi anggota himpunan. Tapi, setelah saya bergabung di dalamnya, KM ITB maupun secara sempitnya adalah HMTL, saya tahu bahwa sebenarnya sosok teladan itu ada.

Saya perhatikan, sosok-sosok teladan di ITB seringkali “disimpan rapi”. Tersimpan rapi di kolom-kolom “eksklusif” yang harus meminta “permisi” dulu untuk melihatnya secara dekat.

Keteladanan seharusnya menjadi dekat saat ini, kawan.

Sekarang zaman sudah berbeda. Generasi muda terbiasa dengan hal-hal yang dekat. Karena setiap hal terbiasa hadir langsung di depan “mata” mereka sejauh apapun itu nyatanya. Arus globalisasi dan kecanggihan teknologi yang merubah karakter tersebut.

Maka, ada baiknya kawan-kawan mengilhami dan mengadaptasi kondisi saat ini tersebut. Hadirkan keteladanan yang mudah diindera sedekat mungkin oleh mereka yang akan dikader demi terwujudnya tujuan, visi, dan misi kaderisasi yang sudah kamu konsep secara matang.

Jika kamu seorang Muslim, kamu tahu bahwa semua nilai keteladanan seharusnya mengacu kepada siapa. Tentu, Rasulullah SAW. Hadirlah sebagai para pengkader yang fathanah: cerdas dan menguasai nilai-nilai yang akan disampaikan. Hadirlah sebagai pengkader yang tabligh: menyampaikan nilai-nilai dengan metode yang baik dan mengayomi. Hadirlah sebagai para pengkader yang shiddiq: jujur, tidak mengada-ada, dan hanya mengatakan kebenaran. Hadirlah sebagai para pengkader yang amanah: dapat dipercaya oleh mereka yang menjalani kaderisasi sehingga mereka tulus mengikutimu.

Apapun idealisme yang kamu bawa, perlihatkanlah bahwa itu semua bukan hanya sebuah teori dan materi belaka. Ada suatu nilai kebaikan yang nyata yang pantas dilanjutkan oleh para generasi yang ingin kamu bimbing selama masa orientasi. Jangan sampai mereka hanya berputar-putar selama masa orientasi tersebut, lantas pada akhirnya tidak mencapai satu titik yang seharusnya kamu kumpulkan mereka di sana.

Terima kasih sudah meluangkan waktumu untuk mempersiapkan generasi baru untuk organisasi kemahasiswaan kita, kawan. Denganmu, saya berharap semakin bertambah kebaikan yang akan disumbangsihkan oleh Keluarga Mahasiswa ITB untuk semesta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s