Jumat Siang bersama Pak Budiono #2


“Banyak main, jangan lupa belajar. Jangan kebalik.”

Setelah berbincang mengenai acara diskusi publik yang ingin kami gelar, saya dan Iffa (Kadiv Intrakampus Pers Mahasiswa ITB) mendapatkan insight baru dari Pak Budiono.

“Kalau banyak main, kamu bisa kenal banyak orang. Kamu tahu cara menghadapi banyak karakter. Kamu kaya akan itu,” ujar Pak Budiono.

“Main” yang Beliau maksud adalah beraktivitas di luar kelas, yaitu di berbagai lembaga di kampus. Organisasi apapun, tentu akan memberikan kesempatan kepada tiap mahasiswa untuk membangun jaringan dan relasi.

Pak Budiono juga berpesan kepada kami untuk terus menjaga semangat untuk berbagi ilmu dengan orang lain.

“Ilmu itu buat apa sih? Apa buat diri kita sendiri aja? Engga.. Ilmu itu ada untuk kita bagikan kepada orang lain. Semakin banyak kita bagi, semakin banyak manfaat ilmu yang kita miliki. Ada hikmah kenapa Allah menitipkan suatu ilmu kepada kita,” pesan Beliau.

Semangat Beliau untuk berbagi sangat saya kagumi. Beliau orang yang sangat low profile dan memang patut menjadi tauladan dalam hal kepemimpinan dan membangun relasi. Beliau melebarkan sayap kepemimpinan di mana-mana. Kata Beliau, Beliau banyak belajar ya di kampus. 6 tahun di Menwa, 3 tahun di kelas hehehe

Mungkin sekarang ga saatnya lagi 9 tahun kuliah, bisa di-DO! Hahaha Tapi tentunya, saya dan kawan-kawan bisa mengambil hikmah dari berorganisasi di kampus untuk membangun karakter pemimpin di dalam diri sebagai modal nanti melangkah ke dunia luas di luar kampus sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s